Metode Spasial

Metode spasial merupakan metode untuk mendapatkan informasi pengamatan yang dipengaruhi efek ruang atau lokasi. Pengaruh efek ruang tersebut disajikan dalam bentuk koordinat lokasi (logitude, latitude) atau pembobotnan. Banyak metode yang digunakan baik untuk analisis geostatistik maupun pemodelan.

Aplikasi yang sudah banyak dgunakan adalah pemodelan. Model hubungan spasial seringkali menggunakan hubungan ketergantungan ke dalam bentuk struktur covariance melalui model autoregressive. Proses autoregressive ditunjukkan melalui hubungan ketergantungan antara sekumpulan pengamatan atau lokasi.

Hukum pertama tentang geografi dikemukakan oleh Tobler, menyatakan bahwa segala sesuatu saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi sesuatu yang dekat lebih mempunyai pengaruh daripada sesuatu yang jauh (Anselin, 1988). Hukum tersebut merupakan dasar pengkajian permasalahan berdasarkan efek lokasi atau metode spasial. Dalam permodelan, apabila model regresi klasik digunakan sebagai alat analisis pada data spasial, maka dapat menyebabkan kesimpulan yang kurang tepat karena asumsi error saling bebas dan asumsi homogenitas tidak terpenuhi.

Berdasarkan tipe data, permodelan spasial dapat dibedakan menjadi permodelan dengan pendekatan titik dan area. Jenis pendekatan titik diantaranya Geographically Weighted Regression (GWR), Geographically Weighted Poisson Regression (GWPR), Space-Time Autoregressive (STAR), dan Generalized Space TimeAutregressive (GSTAR). Model GWR diperkenalkan oleh Brunsdon, Fotheringham, dan Charlton (1996). Sementara jenis pendekatan area diantaranya Mixed Regressive-Autoregressive atau Spatial Autoregressive Models (SAR), Spatial Error Models (SEM), Spatial Durbin Model (SDM), Conditional Autoregressive Models (CAR), Spatial Autoregressive Moving Average (SARMA), dan panel data.

Spatial Autoregressive Models merupakan model yang mengikuti proses autoregressive, yaitu ditunjukkan dengan adanya hubungan ketergantungan antar sekumpulan pengamatan atau  lokasi. Hubungan tersebut ditunjukkan dengan lag pada variabel dependen maupun independen. Jenis Spatial Autoregressive Models diantaranya SAR, SEM, SDM, dan CAR.

Materi tambahan dapat di download di link : Analisis Data Spasial

19 thoughts on “Metode Spasial

  1. saya sangat berharap sekali jika dikirimkan ke via email saya materi metode spasial lengkap dengan daftar pustakanya. saya sangat membutuhkan bantuan dari Tim PDA. Mohon bantuannya, atas perhatian dari tim PDA saya ucapkan terima kasih.

  2. Selamat Malam,,
    Perkenalkan saya Gede Suwardika,,kebetulan saya sedang menempuh S2 di ITS-Statistika,,
    sekarang saya sedang mendapatkan tugas besar untuk mata kuliah Spasial,,yaitu mencari data Regresi Spasial/GWR/GWPR/GSTAR : Data Riil

    kira2 apakah bapak/ibu punya data yang dimaksd sehingga saya bisa mengolahnya? kemudian ada tidak materi tentang Regresi Spasial/GWR/GWPR/GSTAR karna saya masih bingung cara menganalisisnya serta dilihat dari sudut mana…

    terima kasih

  3. Saya sangat berharap sekali jika dikirimkan ke via email saya materi metode spasial lengkap dengan daftar pustakanya. Terutama materi tentang : permodelan spasial dapat dibedakan menjadi permodelan dengan pendekatan titik dan area. Jenis pendekatan titik diantaranya Geographically Weighted Regression (GWR), Geographically Weighted Poisson Regression (GWPR), Space-Time Autoregressive (STAR), dan Generalized Space TimeAutregressive (GSTAR). Model GWR diperkenalkan oleh Brunsdon, Fotheringham, dan Charlton (1996). Sementara jenis pendekatan area diantaranya Mixed Regressive-Autoregressive atau Spatial Autoregressive Models (SAR), Spatial Error Models (SEM), Spatial Durbin Model (SDM), Conditional Autoregressive Models (CAR), Spatial Autoregressive Moving Average (SARMA), dan panel data.saya sangat membutuhkan bantuan dari Tim PDA. Mohon bantuannya, atas perhatian dari tim PDA saya ucapkan terima kasih.

    • Dear Pak Suwardika,
      Terimakasih atas kesempatan untk brdiskusi. Maaf juga atas keterlambatan reply.
      Referensi dapat dibuka di link : http://statisticsanalyst.files.wordpress.com/2011/08/analisis-data-spasial.ppt

      Beberapa buku yang dapat dibaca :
      - Anselin, L. 1988.Spatial Econometrics: Methods and Models”, Kluwer Academic Publishers, Dordrecht.
      - LeSage, J.P. dan Pace, R.K. (2009), Introduction to Spasial Econometrics, R Press, Boca Ration.
      - Fotheringham, A.S., Brundson, C., dan Charlton, M. (2002) “Geographically Weighted Regression: the analysis of spatially varying relationships”, John Wiley & Sons Ltd, England.

  4. untuk kepentingan tugas akhir saya, boleh minta referensi e-booknya?atau referensi apa pun tentang materi spasial seperti jurnal, dll. apabila berkenan mohon dikirimkan ke email saya. terimakasih banyak.

  5. selamat malam tim PDA, saat ini saya tertarik dengan metode spasial durbin model tpi referensi dan materi2 untuk pemodelan spasialnya sedikit yang saya dapatkan sudikiranya bisa mengirimkan materi2nya ke alamat email saya safitri.pratiwi@yahoo.com. Terimakasi banyak,atas perhatiannya Tim PDA

  6. selamat siang tim PDA, saya saat ini sangat tertarik dengan metode spasial durbin untuk tugas akhir saya, tapi bahan dan materi2 untuk model spasialnya sedikit saya dapatkan untuk itu saya mohon sudikiranya tim PDA mengirimkan ke email saya tambahan materi untuk metode spasial untuk menambah bahan referensi saya. Atas perhatian dari tim PDA saya ucapkan terima kasih.

  7. selamat siang tim PDA, saya tertarik dengan metode spasial durbin untuk bahan tugas akhir tetapi materi dan bahan referensi saya kurang banyak, sudikiranya tim PDA bisa mengerimkan materi atau referensi tambahan untuk menambah bahan refensi saya tentang metode spasial.atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

  8. tim PDA, saya mahasiswi yang sedang menjalankan tugas akhir megenai spatial autoregressive. saya membutuhkan banyak referensi untuk tugas akhir saya, mohon bantuannya untuk mengirimkan referensi tambahan megenai spatial autoregressive model. terimakasih

  9. salam. mohon bantuannya pak..saya lagi menulis skripsi menggunakan regresi spasial dan program menggunakan open geoda. saya jujur buta dengan semuanya..apakah bapak punya ebook atau sejenisnya tentang pengopersian open geoda dalam bahasa indonesia…kalau ada tolong kirim via email ke saya pak. terima kasih sebelumnya pak

  10. Tim PDA, saya sangat membutuhkan referensi mengenai metode spasial utk pengembangan ilmu saya. olehnya itu saya sangat berharap untuk dikirimkan melalui email bahan-bahan referensi tersebut. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

Leave a Reply

