Metode Stepwise Regression

Pemilihan variabel prediktor yang digunakan dalam permodelan regresi sangat diperlukan untuk mendapatkan model terbaik. Semua variabel yang ada dalam permodelan tidak secara automatis digunakan karena besarnya nilai var (Ÿ) dipengaruhi oleh jumlah prediktor yang digunakan (Ryan, 1996). Beberapa metode diantaranya forward , stepwise, dan backward.

Metode Stepwise adalah gabungan antara metode regresi forward dan backward. Variabel prediktor yang pertama kali masuk adalah variabel yang korelasinya tertinggi dan significant dengan variabel respon, variabel yang masuk kedua adalah variabel yang korelasi parsialnya tertinggi dan masih significant. Apabila tidak signifikan setelah variabel tertentu masuk ke dalam model maka variabel lain yang ada di dalam model dievaluasi. Apabila ada variabel yang tidak significant maka variabel tersebut dikeluarkan dari model.

2 thoughts on “Metode Stepwise Regression

  1. kalau hasil tidak keluar ketika menggunakan metode stepwise, kenapa ya? apa itu karena tidak ada variabel prediktor yang menunjukkan hubungan signifikan dengan variabel responnya? karena menggunakan metode enter, keluar dan hasilnya tidak signifikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s