Survei Diare Balita

(Oleh : Rokhana-Elen-Azmi)
Pada bulan Maret 2011, dilakukan survei terhadap ibu rumah tangga (RT) yang memiliki balita berusia 12 – 36 bulan di Wilayah Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng, Surabaya. Survei ini merupakan bagian penelitian untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan dengan kejadian diare pada balita tersebut. Beberapa faktor lingkungan tersebut adalah sumber air bersih, jenis tempat pembuangan tinja, jenis lantai rumah, tempat penyiapan dan penyimpanan makanan.

Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel exhaustive sampling didapatkan sampel sejumlah 49 ibu rumahtangga. Berdasarkan hasil survei, selama sebulan terakhir sebanyak 17 balita (34.7%) sedangkan yang tidak mengalami kejadian diare sebanyak 32 balita (65.3%). Diantara balita yang pernah mengalami diare tersebut, sebagian besar rata-rata lama waktu menderita tersebut adalah 1 hingga 3 hari, (82,35%) dan 4 hingga 6 hari (17,65%).

Secara umum kondisi sumber air bersih, jenis tempat pembuangan tinja, jenis lantai rumah, tempat penyiapan dan penyimpanan makanan sudah baik. Sumber air bersih yang banyak digunakan diantaranya PAM dan air kemasan. Tempat pembuangan akhir tinja yang banyak adalah tanki/SPAL. Jenis lantai rumah sebagian besar adalah ubin/semen. Sebagian besar telah menggunakan jenis kloset leher angsa. Sebagian besar warga juga menggunakan meja tertutup untuk tempat penyimpanan dan penyiapan makanan.

Masih adanya balita yang menderita diare disebabkan oleh kondisi fasilitas tersebut yang kurang bersih. Misalnya, walaupun sumber air bersih dari PAM dan tempat penyimpanan dan penyiapan makanan telah tertutup, namun tempat untuk memasak kurang bersih. Hal tersebut mengakibatkan masih adanya bakteri dalam makanan. Sementara itu, berdasarkan analisis chi square menghasilkan beberapa variabel yang signifikan berhubungan terhadap kejadian diare balita tersebut pada α=5%, diantaranya faktor penggunaan fasilitas air bersih untuk masak maupun minum, dan faktor jenis kloset.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s